Kamis, 04 Januari 2018

PENGENALAN DALAM CPU PENTIUM 4

PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
 
Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal ini terlihat pada era tahun 80-an jaringan komputer masih merupakan teka-teki yang ingin dijawab oleh kalangan akademisi, dan pada tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas, perusahaan-perusahaan, sekarang memasuki era milenium ini terutama world wide internet telah menjadi realitas sehari-hari jutaan manusia di muka bumi ini.Selain itu, perangkat keras dan perangkat lunak jaringan telah benar-benar berubah, di awal perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari  kabel koaxial, kini banyak telah diantaranya dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel.
Pada awal diciptakan, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan. Dengan adanya komputer, beberapa hal yang menjadi kekurangan manusia dapat digantikan oleh komputer walaupun tidak semua kegiatan. Begitu juga dengan komputer, komputer membutuhkan manusia karena tanpa adanya sentuhan manusia, komputer tersebut takakan berguna.
Sejak dahulu, manusia telah melakukan proses pengolahan data. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dulu, berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini, komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.

2. Rumusan Masalah
 
a. Belum mengetahui apa saja komponen yang ada di dalam CPU pentium merk hp.
b. Belum menguasai cara pemasangan pada CPU merk hp.

3. Tujuan
 
a. Mengetahui isi didalam peralatan Cpu atau Komputer pentium 4 merk hp.
b. Mampu menguasai semua tentang pemasangan atau perakitan



DASAR TEORI
  

Central Processing Unit atau disingkat CPU biasanya juga disebut prosessor. Di dalam sistem komputer, piranti ini memegang peran yang sangat penting. CPU sering kali disebut sebagai otak komputer meskipun penyebutannya seperti itu tidak hanya bertindak sebagai mesin pemroses, tetapi tidak berfungsi sebagai pengingat. Fungsi pengingat ditangani oleh komponenen tersendiri yang dinamakan memori.Kecepatan prosesor dinyatakan dengan satuan megaherts MHz atau gigaheehertz GHz. Kecepatan Pentium 4 misalnya telah mencapai 4,4 GHz dan sangat memungkinkan masih akan terus bertambah.
Unit kontrol berfungsi mengendalikan seluruh perangkat dalam sistem komputer. Hal ini dapat dianalogikan dengan otak manusia yang mengontrol seluruh saraf dalam tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat digerakkan di dasarkan pada instruksi yang terdapat pada program komputer. Setiap instruksi diterjemahkan ke dalam bentuk tindakan yang sesuai dengan dimaksud instruksi bersangkutan.

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.


PEMBAHASAN


Motherboard

Motherboard Adalah papan untuk memasangkan komponen – komponen komputer seperti processor, ram, video card, sound card, hard disk, dan lain-lain. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen – komponen komputer agar bisa terhubung dan dapat di fungsikan. Motherboard memiliki banyak jenis dan disesuaikan dengan kebutuhan kita masing – masing.

Prosessor

CPU ( Central Processing Unit ) adalah otak dari sebuah komputer yang ukurannya bisa dibilang kecil.  Prosessor ini mampu mengatur dan melakukan perintah-perintah dari perangkat lunak. Prosessor terletak di motherboard dan dibalut dengan sebuah headsing agar bisa mengatur suhu saat prosessor bekerja. Dan apabila semakin besarnya kecepatan sebuah prosessor maka semakin cepatlah proses-proses yang dijalankan.

Harddisk




Harddisk adalah perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Dan apabila semakin besar kapasitas harddisk yang kita miliki maka semakin banyak lah data – data yang dapat disimpan. Piringan harddisk ini terus berputar selama komputer dijalankan.Kerusakan pada harddisk dapat disebabkan beberapa hal seperti power supply yang tidak dapat menstabilkan tegangan listrik sehingga dapat merusak kontrolle harddisk dan motor serta suhu didalam harddisk yang panas membuat kondisi hard-disk dalam lingkungan tidak stabil.

Read Only Memory (ROM)
Memori ini hanya dapat dibaca saja, programmer tidak bisa mengisi sesuatu kedalam ROM. Isi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa sistem operasi (operating system) yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci di keyboard untuk keperluan kontrol tertentu dan bootstrap program.

Power Supply
Power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Power supply terletak dibelakang cassing CPU. Daya powersupply ini bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan komputer kita, apabila komputer dengan spesifikasi yang tinggi maka power supplynya harus dengan daya WATT yang besar.

SATA Connection


Serial ATA Connection merupakan penghubung antara motherboard dengan harddisk SATA.

Fun (heat sink fun)
sebagai pendingin komponen penting dalam rangkaian elektronika seperti chipset, aisi dan processor dengan cara memindahkan panas dari aisi atau processor ke heatsink itu sendiri.

Slot memory


Slot memory adalah tempat untuk memasangkan memory RAM pada motherboard.



PENUTUP


kesimpulan 
dari praktikum yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar