Kamis, 04 Januari 2018

PERAKITAN LAPTOP IBM THINKPAD


PENDAHULUAN


1.Latar Belakang


Tenologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia maupun di seluruh Dunia sangat berkembang pesat, sehingga mendorong manusia ingin tahu akan Informasi yang sedang berkembang saat ini. Perkembangan Teknologi Elektronik yang paling Pesat dan banyak di pakai di banyak bidang dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk memperoleh Informasi tidak lain adalah Komputer. Namun bagaimana jika komputer kita mengalami kerusakan atau harus di service,sementara kita tidak tahu bagaimana caranya membongkar dan memasang komputer karena Kebanyakan para pengguna belum sepenuhnya mengerti tentang spek- spek Komputer/Laptop yang harus dimiliki sebuah Komputer/Laptop untuk menjalankan sebuah aplikasi tertentu,maka dari itu dilakukanlah praktikum perakitan laptop ini,disini laptop yang digunakan adalah IBM THINKPAD.

2.Rumusan masalah

bagaimana cara membongkar dann merakit komputer dengan baik dan benar?

3.Tujuan Percobaan

agar dapat memperbaiki/menservise laptop,dan memahami cara merakit laptop dengan baik dan benar


  



LANDASAN TEORI
1.Mengenal komponen-komponen pada komputer
Motherboard
Motherboard Adalah papanuntuk memasangkan komponen – komponen komputer seperti processor, ram, video card, sound card, hard disk, dan lain-lain. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen – komponen komputer agar bisa terhubung dan dapat di fungsikan. Motherboard memiliki banyak jenis dan disesuaikan dengan kebutuhan kita masing – masing.

Prosessor
CPU ( Central Processing Unit ) adalah otak dari sebuah komputer yang ukurannya bisa dibilang kecil.  Prosessor ini mampu mengatur dan melakukan perintah-perintah dari perangkat lunak. Prosessor terletak di motherboard dan dibalut dengan sebuah headsing agar bisa mengatur suhu saat prosessor bekerja. Dan apabila semakin besarnya kecepatan sebuah prosessor maka semakin cepatlah proses-proses yang dijalankan.

Harddisk
Adalah perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Dan apabila semakin besar kapasitas harddisk yang kita miliki maka semakin banyak lah data – data yang dapat disimpan. Piringan harddisk ini terus berbutar selama komputer dijalankan.Ada beberapa macam harddisk yaitu IDE, SCSI, SATA.

RAM
Merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM merupakan sebuah memory yang dapat diakses dalam waktu yang tepat tanpa mempedulikan letak data tersebut. RAM juga merupakan media penyimpanan sementara dari suatu program yang kita jalankan.Jenis – jenis ram ada beberapa macam yaitu SDRAM, DDR, DDR2, DDR3. Ini disesuaikan dengan motherboard yang kita miliki.

Video Card
Video Card biasa disebut VGA. Ini merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Biasanya video card sudah terintegrasi dalam mainboard atau sering di sebut dengan VGA on-board. Dan VGA on-board ini di fungsikan maka akan mengambil kapasitas dari RAM. Untuk meningkatkan kapasitas VGA biasanya dengan cara menambah komponen video card dengan ukuran yang besar lagi, apalagi untuk pecinta game. Mereka pasti membutuhkan video card yang besar agar resolusi dan efeknya lebih bagus.Video card ini dipasang pada motherboard, dan macam-macam slotnya adalah PCI, AGP, PCI-X, PCI Express.

Optical Drive
Adalah sebuah alat I/O yang memiliki optik dan berfungsi untuk membaca CD atau DVD pada komputer. Dan berfungsi juga sebagai output. Contohnya mengkopi data dari hardisk ke dalam sebuah CD.Jenis – jenis optical drive ialah CD-Rom, CD-RW, DVD-Rom, DVD-RW dan optical drive yang terbaru adalah Blueray.

Power Supply
Power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Power supply terletak dibelakang cassing CPU. Daya powersupply ini bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan komputer kita, apabila komputer dengan spesifikasi yang tinggi maka power supplynya harus dengan daya WATT yang besar.

Keyboard dan Mouse
Keyboard adalah papan yang berisi huruf, angka, dan fungsi – fungsi lainnya untuk mengetik kata – kata pada komputer.Sedangkan mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor pada komputer. Biasanya kursor pada layar komputer berbentuk seperti panah berwarna putih.

Monitor komputer
Layar berfungsi untuk menampilkan gambar atau data digital, dan yang merupakan keluaran dari CPU. Sepintas monitor mirip dengan televisi.Jenis – jenis monitor adalah CRT, LCD, PLASMA, OLED.CRT adalah monitor dengan menggunakan tabung, sehingga dimensinya lebih besar, berat dan memerlukan daya yang cukup besar. Sedangkan LCD adalah monitor keluaran terbaru dengan dimensi yang lebih tipis, ringan, dan dayanya sedikit. LCD merupakan singkatan dari Liquid Cristal Display. Jadi di dalamnya LCD ini menggunakan cairan untuk menampilkan suatu gambar.

Sound Card
Sound card atau kartu suara merupakan komponen komputer yang memiliki fungsi sebagai output suara dari komputer. Soundcard ini terdapat port-port input dan output. Letak sound card ini tertanam pada motherboard dan nama port nya adalah PCI-Express.



PROSEDUR PERCOBAAN



sebelum memulai pembongkaran yang pertama kali harus di siapkan adalah alat dan bahan,alat dan bahannya yaitu obeng 1 set dan kotak untuk meletakkan baut agar tidak hilang.

1.langkah yang pertama yaitu buka baterai laptop


2.bukalah semua baut yang ada pada bagian bawah laptop,lalu tempatkan pada wadah yang telah disediakan agar tidak hilang.


3.lepaskan penutup ram dari laptop,tarik perlahan agar tdk rusak/patah




4. Lepaskan monitor LCD dengan cara membuka baut pada masing engsel yang terpasang pada bagian belakang monitor LCD.

5.lepaskan keyboard dan casing penutup dari laptop itu sendiri sehingga tampak seperti dibawah ini




6. Lepaskan kabel koneksi keyboard ke mainboard, Caranya yaitu dengan melepas kabel koneksi keyboard  yang terjepit pada socket pada mainboard. Tarik pengunci ke arah luar kemudian tarik lepas kabel koneksinya.


7. Lepaskan memory Ram dari slot memory. Caranya yaitu dengan menarik ke arah luar masing pengunci hingga memory nampak terangkat dari slotnya, kemudaian tariklah memory keluar dari slotnya.


8.





9.setelah semua selesai di buka,lalu rakit kembali dengan urutan terbalik,maksud teralik adalah lakukan dari percobaan 8 sampai 1 hingga laptop rapi kembali.





PENUTUP

KESIMPULAN
Perakitan laptop IBM Thinkpad dengan komponen seperti  Memory, card WLAN, prosesor, dan harddisk yang akan dibongkar dan di pasang ke laptop IBM Thinkpad harus secara hati-hati agar komponen tidak ada yang rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar