Rabu, 04 Oktober 2017




1. KOMPONEN-KOMPONEN DI DALAM CPU BESERTA FUNGSINYA

CPU (Central Processing Unit) adalah bagian terpenting pada komputer,karna seluruh perintah dan kinerja akan diproses pada CPU yang kemudian di tampilkan pada layar monitor dan output lainnya.

Adapun komponen-komponen yang ada didalam CPU yaitu :


1. Motherboard

Motherboard adalah papan utama dimana tempat pemasangan prosessor,harddisk,memori,dan komponen-komponen lainnya, serta terdapat chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard, kemudian komponen-komponen itu akan terhubung satu dengan yang lainnya untuk melakukan proses-proses pada komputer.

Berikut adalah gambar motherboard :





2. Processor

Processor merupakan otak atau pengendali sistem atau sebuah Chip berupa IC (Integrated Circuit) yang berfungsi mengontrol seluruh sistem komputer dan di dukung komponen lain untuk bisa menampilan hasil eksekusi yang dilakukan processor.

Berikut adalah gambar prosessor :





3.Kipas Prosessor

Fan atau kipas processor berfungsi sebagai pendingin pada saat procesor bekerja. Sebagian besar pengguna komputer pemula terkadang kurang memahami pentingnya pendingin ini dan cendrung diabaikan. Padahal memiliki fungsi cukup vital terutama untuk memastikan komputer berjalan dengan baik.

Berikut adalah gambar kipas prosessor.




4.Memori (RAM)

RAM merupakan sebuah perangkat keras yang menjadi tempat menyimpan data sementara pada sebuah komputer dan kedudukannya sangat penting. Seelain sebagai penyimpanan RAM juga berfungsi untuk membaca data, karena itu semakin kapasitasnya akan semakin cepat untuk membaca data yang tersimpan didalamnya. Untuk penggunaannya RAM dibtuhkan arus listrik sehingga saat komputer sedang berjalan dan tiba-tiba listrik mati maka semua data yang tersimpan akan terhapus.

berikut adalah gambar memori :





5.Harddisk (HDD)
Hardisk adalah komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat. Tentu kita tau hard disk sangatlah penting karena berguna sebagai media penyimpanan data – data dan program bahkan sebagai boot device utama komputer . Hard disk berbeda dengan RAM. Hard disk bias menyimpan data secara permanen meski computer dalam keadaan mati. Semakin besar kapasitas suatu hard disk, maka data yang bias disimpan pun semakin besar.
Berikut adalah gambar harddisk :






6.DVD/CD room

DVD room berfungsi untuk membaca kepingan CD/DVD,dan juga berfungsi untuk memburning atau mengcopy CD dengan menggunakan software bantuan seperti Nero,Infra recorder dan lainnya

Berikut adalah gambar DVD room :




7.Power Supply

Power supply berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC adalah jenis ATX. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard. Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.



Fungsi lainnya adalah mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard. Power Supply Unit (PSU) berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt. Power supply yang berkualitas kurang baik dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen komputer, misalnya Harddisk.Salah satu komponen penting pada power supply adalah pendingin (cooling). Dilengkapi dengan minimal sebuah kipas.

Berikut adalah gambar power supply :










2. PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT PADA KOMPUTER

Alat input adalah perangkat masukan yang memberikan perintah langsung kepada perangkat output(keluaran) pada komputer untuk memberikan sebuah data atau informasi yang dibutuhkan oleh user. Berikut adalah macam-macam peralatan input pada komputer beserta pengertiannya.


1. Keyboard Keyboard merupakan perangkat input(masukan) pada komputer yang berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf A s/d Z, angka 1 s/d 0 serta simbol-simbol tertentu seperti titik, koma, titik dua, tanda kutip dan lain sebagainya.







2. Mouse

Mouse merupakan sebuah alat masukan(input) yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor. alat ini sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis.










3. Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh user.








3. PRINSIP KERJA CPU PADA KOMPUTER

Central Processing Unit atau disingkat CPU biasanya juga disebut prosessor. Di dalam sistem komputer, piranti ini memegang peran yang sangat penting. CPU sering kali disebut sebagai otak komputer meskipun penyebutannya seperti itu tidak hanya bertindak sebagai mesin pemroses, tetapi tidak berfungsi sebagai pengingat. Fungsi pengingat ditangani oleh komponenen tersendiri yang dinamakan memori. Contoh prosesor yang populer saat ini adalah Pentium III, Pentium 4, celeron, core 2 duo, guard core i5, core i7 dan lain sebagainya.

Kecepatan prosesor dinyatakan dengan satuan megaherts MHz atau gigaheehertz GHz. Kecepatan Pentium 4 misalnya telah mencapai 4,4 GHz dan sangat memungkinkan masih akan terus bertambah. CPU mempunyai bagian-bagian penting. Register adalah memori dalam CPU yang mempunyai kecepatan sangat tinggi. Memori ini digunakan untuk berbagai operasi dalam CPU.

Unit kontrol berfungsi mengendalikan seluruh perangkat dalam sistem komputer. Hal ini dapat dianalogikan dengan otak manusia yang mengontrol seluruh saraf dalam tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat digerakkan di dasarkan pada instruksi yang terdapat pada program komputer. Setiap instruksi diterjemahkan ke dalam bentuk tindakan yang sesuai dengan dimaksud instruksi bersangkutan.

Unit aritmetika dan logika berperan dalam melaksanakan berbagai operasi perhitungan seperti pengurangan, penjumlahan dan penggalian, maupun operasi pembandingan seperti membandingkan suatu nilai bernilai nol atau tidak.


FUNGSI CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.


CARA KERJA CPU
Adapun cara kerja dari CPU dapat dilihat dari urutannya sebagai berikut:

1. Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage);

2. Apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage).

3. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.

4. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.

5. Hasilnya ditampung di Accumulator.

6. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.

7. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices




.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar