Jumat, 05 Januari 2018

INSTALASI LINUX CENTOS 5.5

PENDAHULUAN

1.Latar belakang

Jaringan Komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir semua perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut.Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi.Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat ,sehinga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna  komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda.Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dan saling bertukar dokumen dan data,mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan disebut node.
Server adalah sebuah system computer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.Serverdidukung dengan processor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga di lengkapi dengan sisterm oprasi khusus, yang disebut network operating system. Fungsi server keseluruhan adalah memberi layanan (service) kepada client yang saling terhubung satu sama lain dalam satu jaringan.
Server adalah sebuah system computer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.Server didukung dengan processor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga di lengkapi dengan sisterm oprasi khusus, yang disebut network operating system. Fungsi server keseluruhan adalah memberi layanan (service) kepada client yang saling terhubung satu sama lain dalam satu jaringan.

2.Tujuan Percobaan
1.mengetahui cara menginstalasi LINUX CENTOS 5.5

3.Rumusan Masalah
1.bagaimana cara menginstalasi linux CENTOS 5.5?


LANDASAN TEORI


 Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh, C Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun.
Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office. Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab
CENTOS ( Community ENTerprise Operating System) adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya,Red Hat Enterprise Linux (RHEL)

PROSEDUR PERCOBAAN


1.Konfigurasi first boot device pada DVD Drive,anda bisa mengaturnya pada BIOS perangkat komputer,lalu akan muncul  seperti gambar dibawah,pilih install centos 7




2.kemudian akan muncul seperti gambardibawah,tunggulah loading tersebut dan jangan tekan apapun.


3.lalu akan muncul seperti gambar dibawah yaitu memilih partisi otomatis




4.pilihlah tujuan partisi,disini kita menggunakan ATA VBOX HARDDISK lalu pilih selesai




5.setelah kembali kelayar awal lalu klik mulai instal


6.lalu akan muncul seperti gambar dibawah,klik sandi root untuk mengatur sandi



7.aturlah sandi,kalau bisa yang mudah diingat



8.lalu klik selesai,kemudian aturlah pengguna lalu klik selesai


9.kemudian konfigurasi pengguna canggih



10.kemudian atur pengguna canggih



11.dan selesailah penginstalan CENTOS LINUX 7 dengan tampilan seperti dibawah,lalu masukkan localhost login dan password untuk masuk ke centos



PENUTUP
Kesimpulan
centos adalah OS yang digunakan untuk server.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar