Kamis, 04 Januari 2018

CLONING OS

PENDAHULUAN
1.Latar Belakang

 Sekolah atau Perusahaan sangat membutuhkan suatu sarana yang dapat membantu dalam berkomunikasi antara satu dengan lainnya, maka dari itu dibutuhkan teknologi komunikasi data agar satu sama lain dapat saling berhubungan guna menjalankan dan mengembangkan proses belajar. Untuk mencloning PC server diperlukan suatu remote desktop yang digunakan untuk mencloning PC server sehingga client seolah-olah menggunakan server.
Untuk lebih meringankan biaya kita dapat mencloning satu PC server yang bisa dipakai beberapa PC, untuk menjalankannya dengan menggunakan operating sistem tertentu sehingga biaya yang digunakan untuk membanguan suatu jaringan luas bisa lebih ringan. Alat yang akan dibangun ini mempunyai banyak keunggulan dibanding bila membeli alat yang langsung jadi dari pabrik. Disamping harganya lebih mahal bila terjadi kerusakan akan lebih sulit dalam memperbaikinya. Tetapi dengan menggunakan remote desktop maka perbaikannya juga lebih mudah.


2.Rumusan Masalah
 Bagaimana cara  mengCloning OS di PC sehingga dapat mengahasilkan kerja yang optimal


2.Tujuan Praktikum


dapat mengetahui cara mengkloning data OS di PC komputer


LANDASAN TEORI

PC Cloning, merupakan suatu konsep jaringan komputer yang menekankan pada proses komputasi disisi server dan sisi client yang berkinerja seminimal mungkin. Dengan PC Cloning, sisi client yang memiliki spesifikasi rendah dapat menjalankan semua aplikasi yang diinstal di server tanpa harus menginstal aplikasi yang bersangkutan di sisi client.
Skripsi ini membahas langkah-langkah penginstalan PC Cloning seperti instalasi software, konfigurasi sistem dan penerapannya dengan menggunakan software pihak ketiga yaitu Winconnect.
Clone atau cloning adalah teknik duplikasi agar mempunyai sistem yang sama dengan aslinya. Teknik cloning atau kloning juga dapat diterapkan dalam sistem komputer pada bagian harddisk agar sebuah hardisk mempunyai sistem yang sama dengan harddisk asli atau masternya.
Kagiatan mengkloning harddisk dapat diterapkan untuk suatu lab komputer dengan jumlah komputer yang banyak. Hal ini akan dapat menghemat waktu dan tenaga karena kita hanya menginstal satu komputer dengan sebuah sistem operasi dan program yang lengkap. Berikutnya kita tinggal mengkloning harddisk yang sudah terinstal untuk hardisk yang lain, maka sejumlah komputer yang ada akan mempunyai sistem yang sama dengan hardisk masternya.

Dalam teknik mengkloning harddisk dapat menggunakan media hardisk ke harddisk, hardisk ke CD dan hardisk ke Image. Untuk program harddisk kloning dapat di cari di internet dengan menggunakan search engine google di www.google.com dengan kata kunci harddisk kloning atau mengkloning hardisk. Sebagai catatan kegiatan cloning hardisk, saya pernah mengkloning 18 pc dengan menggunakan hddclone dan semua pc ternyata mempunyai sistem dan program yang sama dengan aslinya.


PROSEDUR PERCOBAAN

langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1.Tool buat bikin flashdisk bootable download di http://www.ziddu.com/download/5324955/usb_format.zip. kemudian extrax dan jalanin hasil extrak seperti gambar berikut.

2.download system operasi DOS http://www.ziddu.com/download/5325062/msdossysfile.zip
3.Extrak DOS ,kemudian isi kolom using DOS filesystem located at isi dengan alamat dos yang tadi baru di extrak.

4.Tambahkan file Ghost.exe kedalam flash disk yang dapat http://www.ziddu.com/download/5325127/ghost.rar 

5.Booting dengan menggunakan Flashdisk .cari settingan supaya bisa booting dari flashdisk di bios.

6.ketik ghost dan tekan tombol enter ,kemudian akan muncul program Ghost.

7.masuk ke menu Local,pilih Partition -from image




8.keluar jendela baru,arahkan kepada file ghost yang sudah anda buat sebelumnya.




9.pilihlah partisi mana yng akan menjadi tujuan dari restore file tersebut ,dalam hal ini pilih saja partisi drive C atau partisi lainnya selain drive C.


10.lalu tekan yes


11.nah proses terakhir menunggu  loading hingga selesai

12.and then cloning selesai



PENUTUP

jadi kesimpulan dari praktikum ini adalah ,untuk memudahkan menyimpan data dapat dilakukan kloning ,untuk mempermudah dan mempercepat penyimpanan data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar