Jumat, 05 Januari 2018

INSTALASI LINUX UBUNTU 8

PENDAHULUAN

1.Latar Belakang
Bagi sebagian orang awam, mungkin sistem operasi open source dianggap sulit pengoperasiannya dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Windows, bahkan ada yang belum mengetahuinya. Padahal, dalam pengoperasiannya, Linux sudah dipakai pada sistem-sistem operasi di perusahaan-perusahaan besar, kantor, bahkan sudah dipakai di konsol game seperti PS2, PS3, Nintendo, dan Xbox360. Sesuai bahasan ini, Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux berbasiskan Debian yang paling popular akhir-akhir ini di kalangan penggemar open source di seluruh dunia. Kesuksesan Ubuntu ini adalah terletak pada tingkat kestabilan yang baik serta user friendly.
Diharapkan, dengan adanya informasi ini pembaca dapat mengetahui apa itu Ubuntu serta dapat mempelajarinya agar dapat mengikuti perkembangan sistem operasi open source Linux khususnya Ubuntu
2.Rumusan Masalah
bagaimana cara menginstal ubuntu 8?
3.Tujuan Percobaan
mempelajari cara instal linux ubuntu 8

LANDASAN TEORI
Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004, versi-versi ubuntu akan dirilis stiap 6 bulan sekali agar dapat memperbaharui sistem keamanan dan update program. LTS (Long Term Support) rilis, yang terjadi setiap dua tahun, didukung untuk tiga tahun pada desktop dan server untuk lima tahun. Andy Fitzsimon merupakan pencipta logo dari ubuntu yang sampai pada saat ini tidak ada perubahan dalam logo tersebut. Default User Interfaceny menggunakan GNOME ( varian berbeda ). Ubuntu didasarkan pada paket-paket dari Debian yang tidak stabil keduanya menggunakan distro Debian’s deb format dan alat manajemen paket, APT dan Synaptic walaupun Debian dan Ubuntu merupakan paket-paket yang belum tentu ( biner kompatibel ) satu sama lain, dan mungkin perlu dibangun ulang dari sumber. Ubuntu dapat digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000), Playstation 3. Minimum sistem untuk instalasi desktop adalah 300 MHz prosesor x86, 64 MB RAM, 4 GB dari ruang hard drive, dan video yang mendukung kartu VGA pada resolusi 640×480. Disarankan sistem untuk instalasi desktop adalah 700 MHz prosesor x86, 384 MB RAM, 8 GB dari ruang hard drive, dan video yang mendukung kartu VGA di resolusi 1024 × 768. Server memerlukan instalasi x86 prosesor 300 MHz, 64 MB RAM, [61] dan video yang mendukung kartu VGA di 640 × 480. Komputer yang tidak memenuhi persyaratan minimum yang disarankan sistem yang disarankan untuk mencoba Xubuntu, berdasarkan Xfce.

PROSEDUR PERCOBAAN

1.masukkan CD yang sudah terisi LINUX UBUNTU 8. ke cd room
2.setting bios untuk BOOTING ke CD

3.kemudian akan muncul pilihan bahasa,pilihlah bahasa yang sesusai keinginan anda.


 4.pilih opsi "instal UBUNTU," dan tekan "enter"



5.Tunggu sampai CD memuat menjadi RAM..

6.ketika installer muncul kita dapat memilih bahasa yang sesuai dengan anda dan klik 'teruskan' untuk melanjutkan.



6.klik tombol teruskan setelah memilih lokasi yang anda inginkan.


7.ujilah keyboard anda dan pilihlah keyboard yang sesuai  dengan punya anda lalu klik tombol teruskan, setelah selesai konfigurasi keyboard.



8.lakukan partisi harddisk atau persiapkan ruang disk dan klik tombol teruskan



9.lalu isilah data anda yang lengkap sesuai yang diminta ,dan buatlah password(kalau bisa yang mudah diingat)



10.ini adalah langkah akhir,install boot loader pada partisi lain atau hard drive dari default satu dan klik instal untuk memulai penginstalan.



11.Ubuntu 8 sistem operasi akan dipasang



12.setelah sekitar 8 sampai 15 menit (tergantung spesifikasi komputer anda),sebuah jendela pop-up akan muncul,yang memberitahukan bahwa instalasi selesai,klik tombol restart setelah selesai



13.setelah direstart CD tersebut akan dikeluarkan secara otomatis dan tekan enter untuk reboot.



14.masukkan username yang telah dibuat saat prosses menginstal tadi lalu enter maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.



PENUTUP

Kesimpulan


jadi ubuntu merupakan OS yang dapat kita kembangkan lebih luas lagi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar